/ T, dan H / T dan diberikan tabel sesuai dengan jenis kapalnya. Nilai dari tabel perbandingan ukuran utama ini merupakan petunjuk bagi perencana kapal untuk menyesuaikan bentuk dan ukuran yang wajar dan dimaksudkan untuk menghindari terjadinya bentuk kapal yang menyimpang dari kebiasaan dan dikhawatirkan berakibat kurang sempurna. Nilai-nilai yang dimuat dalam daftar perbandingan ukuran utama dan koefisien bentuk sudah diperhitungkan, baik dari segi perhitungan teori bangunan kapal, material dan ketentuan-ketentuan yang berlaku maupun berdasarkan pengalaman / perkembangan dari pembangunan kapal yang telah berjalan sekian lama.
Perbandingan L / B
Panjang kapal L terutama berpengaruh pada kecepatan kapal dan kekuatan memanjang kapal. Penambahan panjang L pada displacement tetap akan mengurangi tahanan yang diderita kapal dankekuatan memanjang kapal, mengurangi kemampuan olah gerak kapal ( manouver ) dan mengurangi penggunaan fasilitas galangan. Sedangkan pengurangan panjang L pada displacement tetap akan menjadikan badan kapal bertambah besar. Perbandingan L / B yang besar cocok untuk kapal-kapal dengan kecepatan tinggi dan mempunyai perbandingan ruangan yang baik, tetapi kemampuan olah gerak kapal dan stabilitasnya berkurang. Sedangkan untuk perbandingan L / B yang kecil akan menambah kemampuan stabilitas, tetapi tahanan kapal bertambah besar.
Perbandingan L / H
Terutama berpengaruh terhadap kekuatan memanjang kapal . Untuk harga L / H besar menyebabkankekuatan memanjang kapal berkurang dan sebaliknya untuk harga L / H kecil akan menambah kekuatan memanjang kapal.
Dikesempatan lain saya akan melanjutkan postingan ini untuk membahas B / T dan H / T. Jika ada kesalahan silahkan berikan komentar anda. Mari belajar bersama...
0 comments:
Post a Comment
Berkomentarlah yang sewajarnya biar kita bisa saling menghargai .